Jenis Jenis kabel Listrik

3 11 2009

Kadangkala bagi kita kabel hanyalah berfungsi sebagai penghantar listrik.. Namun apakah hanya itu yang anda tahu?? Bilamana anda jeli, maka  setiap kali anda membeli kabel di toko listrik, maka perhatikan baik baik kabel yang anda beli. Apakah sesuai dengan kebutuhan anda, atau jangan jangan anda hanya membuang uang anda. Atau malah bisa saja membahayakan jiwa anda (karna keteledoran membeli kabel).

Jangan anggap remeh ukuran dari kabel yang anda beli, namun untuk penulisan pertama ini saya akan menerangkan beberapa jenis jenis kabel yang ada dipasaran. Yang dimana tertulis kode kode diatas gulungan kabel atau di karet kabel.

  1. NYA

Kabel ini direkomendasikan untuk instalasi permanen, didalam panel distribusi atau sebagai konektor dalam panel. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Digunakan dalam lingkungan yang kering ( tidak disarankan dalam kondisi basah-lembab dan pengaruh cuaca sekitarnya secara langsung).

  1. NYM

Kabel jenis ini hanya direkomendasikan khusus untuk instalasi tetap di dalam bangunan yang dimana penempatannya bias diluar/ didalam tembokataupun didalam pipa (conduit). Bisa dipasang di ruangan yang kering dan lembab. Namun sekali lagi tidak disarankan dipasang diluar rumah yang dimana terkena panas dan hujan secara langsung ataupun ditanam langsung didalam tanah.

  1. NYY

Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan khusus (misalnya duct, pipa PVC atau pipa besi). Kabel protodur tanpa sarung logam. Instalasi bisa ditempatkan didalam dan diluar ruangan, dalam kondisi lembab ataupun kering.

  1. NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel ini dirancang khusus untuk instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindungan tambahan  (kecuali harus menyeberang jalan). Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 0,8 meter.

  1. NYCY

Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel protodur dengan dua lapis pelindung pita CU Kabel. Instalasi ini bisa ditempatkan diluar atau didalam bangunan, baik pada kondisi lembab maupun kering.

  1. NYAF

Kabel ini direncanakan dan direkomendasikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribbusi pipa atau didalam duct. Karena sifatnya yang fleksibel, kabel jenis ini sangat cocok untuk tempat yang mempunyai belokan – belokan tajam. Digunakan pada lingkungan yang kering dan tidak dalam kondisi yang lembab/basah atau terkena pengaruh cuaca secara langsung.

  1. NYMHY

Kabel jenis ini khusus direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sering dipindah pindah dan harus ditempat kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri.

Demikian beberapa kilasan tentang apa saja jenis2 kabel yang terdaoat dipasaran. Bilamana ada sesuatunya yang kurang, dimohon kesediannya untuk member tanggapan secepat cepatnya. THX

Sumber:

  1. Universitas PETRA
  2. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
About these ads

Aksi

Information

18 responses

3 11 2009
agung chandra presetya

kabel2 yg dipasang di rmh2 itu termasuk jenis apa?thx

3 11 2009
kulilampu

Kabel instalasi rumah yang dipakai adalah jenis kawat tembaga, bukan kabel serabut. Kalo untuk jenis kabelnya NYA. Kalo pengen lebih mahal pake aja jenis NYY. Untuk ketebalan tembaganya dapat kiranya anda konsultasikan dengan Toko Listrik terdekat anda. Sesuaikan dengan daya di rumah anda

28 12 2009
mulky

xlpe crosslink polyethylane ada yang tau ??

28 12 2009
kulilampu

Coba tanya tante Wiki (http://en.wikipedia.org/wiki/Cross-linked_polyethylene) atau di borealisgroup (http://www.borealisgroup.com/industry-solutions/infrastructure/energy-networks/high-voltage-underground-cables/)
mungkin bisa menjawab pertanyaan bapak. Maaf saya nggak bisa bahasa Inggris.. Jadi di Translate sendiri aja ya pak.

29 12 2009
sandi

saya mengerti listrik jd saya sangat menyayangkan knp anda tidak menyertakan gambar2 dari jenis kabel yg anda maksud! sehingga bagi yang awam tentang listrik tidak akan tau bentukkabel NYA, NYM, NYAF,NYMHY, NYFGBY itu seperti apa. dan 1 lg jangan lupakan kabel BC yg sudah hampir punah

29 12 2009
kulilampu

Terimakasih atas sarannya pak. Akan saya usahakan menyertakan gambarnyanya. Kabel BC punah??? yang bener ah?!

25 02 2010
eric

kalau kepanjangan NYA n NYM pa ya???

23 06 2010
Ririn

akhirnya dapet juga jenis2 kabel listrik, lagi isi TTS soalnya hehe… cuma ada N dan A, penasaran huruf tengah2nya apa :P

— visit http://m.rujaksik.com

28 08 2010
arki

harap ditambahkan jenis jenis kabel listrik dari bahan tembaga dan alumunium juga batas maximum amperenya sehingga kita jadi lebih mengerti.tq.

16 12 2010
Avatar

Kalo kabel dari main panel ke panel kontrol, pake jenis apa ya ? Pastinya sih akan ditanam di tanah. Cuman saya bingung, karena peralatan yang disupply di panel kontrol semuanya 3 phase. Apa hubungan 3 phase dengan jenis kabelnya ya ? Apa ada spesifikasi kabel khusus ?
Trims …

2 01 2012
kulilampu

Coba anda tanyakan ke pihak yang berkompeten…..kl pun saya hanyalah kuli lampu panggung. thx dah berkunjung.

11 02 2011
yanuar

kang mau nanya tentang kekuatan ampere kabel berdasarkan ukuran kabel

2 01 2012
kulilampu

saya malah belum tahu pasti akan kekuatan kabel.Ntar kl ada referensi yang pasti. saya kan share disini.terimakasih sudah berkunjung .

23 03 2011
bandot

Biasanya apa aja code2 yang ditulis di drum cable ya?? trus apa artinya…?
Misal
16 x1C 500mm2 CU PVC/PVC (NYY)

2 01 2012
kulilampu

maaf sekali, saya tidak tahu akan singkatan2 di drum kabel. Mungkin bilamana nantinya saya tahu, saya akan informasikan disini. Terimakasih.

18 05 2012
Aries

mhn bimbinganny.
KWH 2300W d bagi mnjadi 2 panel.
stiap panel jarakny dri KWH 6 m & 8 m. Yng mo saya tnyakn:
1. Brp ukurn kabel(induk) yg standard dari KWH k stiap panel.
2. Brp meter kbel(induk) tsb yg hrus saya siapkn, biar bsa irit tp msih tetep safety(aman) & bgaimn cara pembagianya(pnyambungnnya).
Trima kasih.

Nb: mhon jawbnny dkirim k email saya: wisanggeniadhipati@gmail.com

31 05 2012
kulilampu

Maaf pak….mungkin kalo untuk menjawab pertanyaan bapak, saya harus sekolah lagi..heheheh
Disini saya hanya seorang kuli lampu di bidang enterntainment….

14 03 2013
daniel

kalau kepanjangan NYA n NYM pa ya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: