Fiber Optic dari aliran Air

14 06 2009

Hari ini kami memasang musik Natal dan menghias pohon-pohon Natal. Ya, saya mengatakan pohon-pohon. Kami memiliki dua pada tahun ini. Yang satu adalah normal, pohon yang hijau. Yang satunya lagi adalah pohon perak dengan lampu fiber optic. Ia akan berubah warna dan berkelip. Pada saat kami menghias, Lisa menanyakan tentang fiber optic,

yang akhirnya mengarah ke percobaan minggu ini. Untuk mempelajari fiber optic, anda akan memerlukan:

  • Sebuah kaleng makanan
  • Sebuah Palu dan paku
  • Air
  • Sebuah senter atau lampu sorot

Buka kaleng makanan dan kosongkan. Saya menggunakan sebuah kaleng buah peach, di mana Lisa dan saya menikmatinya sebagai snack. Bilas kaleng tersebut dan gunakan paku untuk membuat lubang di dasar kaleng. Pastikan bahwa lubang tersebut tidak memiliki sudut tajam. Mulailah bekerja dengan wastafel, letakkan jari anda sehingga menutupi lubang, dan penuhi kaleng dengan air. Minta bantuan seseorang untuk menyalakan lampu senter. Arahkan sinar lampu tersebut ke kaleng berisi air tadi. Pindahkan jadi anda dari lubang dan perhatikan baik-baik aliran air yang terjadi. Anda akan bisa melihat ada sinar yang mengikuti air tersebut. Jika tidak, geser sedikit lampu senter tersebut sampai anda dapat melihat sinar tersebut.

Letakkan jari anda pada aliran air tersebut. Apa yang anda lihat? Ada sebuah titik cahaya yang menyinari jari anda di mana air mengenai jari anda. Ini adalah cahaya yang mengikuti aliran air. Selagi level air menurun, anda bisa memiringkan kaleng sehingga aliran air tersebut membelok ke samping. Bahkan dengan aliran air yang berbelok, anda tetap akan bisa melihat titik cahaya pada jari anda, sepanjang jaraknya cukup dekat (red: dengan kaleng)

Mengapa cahaya bergerak begitu baik di dalam air, bahkan ketika alirannya berbelok? Gelapkan ruangan. Letakkan jari anda pada lubang dan isi lagi kaleng tersebut dengan air. Kali ini, pegang lampu senter sekitar 6 inchi (red: 15.24cm) di atas air dengan sedikit menyamping. Arahkan cahaya ke air dan lihat ke langit-langit. Ada cahaya di sana! Cahaya tersebut adalah pantulan dari air. Ketika cahaya mengenai permukaan air, sebagian darinya akan menembus, tapi sebagian lagi akan memantul. Jika anda mempunyai lampu senter kedap air dan sebuah wadah air yang cukup besar, anda bisa menggunakan lampur senter di bawah air, dengan arah cahaya ke permukaan air. Kembali permukaan air akan memantulkan sejumlah cahaya, kali ini cahaya dipantulkan kembali ke dalam air.

Ketika kita membicarakan tentang pemantulan, bayangkan selama semenit apa yang akan terjadi jika anda memiliki sebuah cermin berbentuk pipa panjang dengan bagian cermin di dalam. Jika anda mengarahkan sinar dari lampu senter ke dalam pipa tersebut, cahaya akan memantul dari satu sisi ke sisi lain, memantul-mantul sehingga akhirnya mencapai ujung pipa. Hal ini juga bekerja, bahkan ketika pipa tersebut berbelok.

Hal yang sama terjadi pada aliran air. Ketika anda menyinari kaleng, sejumlah cahaya akan masuk ke dalam air dan mengalir dari lubang. Ketika cahaya mengenai sisi dari aliran air, sebagian besar akan dipantulkan, seperti halnya pipa cermin bayangan kita di atas.

Fiber optic adalah fiber plastik yang panjang, yang kelihatannya seperti tali pancing. Plastik tersebut sangat bening, membuat cahaya dapat melewatinya dengan mudah. Sisi dari fiber tersebut bekerja seperti sisi dari alira air, memantulkan cahaya di dalam. Fiber optic digunakan untuk banyak hal selain pohon Natal yang canggih. Fiber optic digunakan untuk menyalurkan banyak macam informasi, dari data komputer sampai pembicaraan telepon. Daripada mengirimkan informasi tersebut lewat denyut listrik melalui kabel, informasi tersebut bisa dikirim dalam bentuk denyutan cahaya, melalui fiber optic.

Jika anda tidak ingin repot untuk melubangi kaleng, anda bisa melakukan percobaan ini dengan keran dan lampu senter. Buka keran kecil saja sehingga membentuk aliran air yang ramping dan stabil. Letakkan jari anda pada aliran tersebut, kira-kira 4 inchi (red: 10.16cm). Arahkan sinar dari lampu senter kepada aliran tersebut, dari samping. Anda bahkan bisa mengarahkan sinar tersebut ke atas dengan sudut tertentu. Anda tetap akan melihat titik cahaya di mana air mengenai jari anda. Sinar tersebut tidak seterang seperti jika anda menggunakan kaleng berlubang, tapi mestinya cukup terang untuk anda melihatnya di ruang yang gelap.

Well, saya harus membereskan hal ini sekarang karena Mawra, sang kucing, sedang mengubah dekorasi pada pohon. Selamat menikmati minggu ini.

sumber dari:

http://www.bursainternet.com/Fiber-Optic-dari-Air.html


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: