Save The Best for The Last!

15 07 2010

Sebelum saya memulai uneg2 saya…untuk beberapa pihak terkait, saya minta maaf bilamana tulisan ini mengganggu pikiran anda..Namun saya hanyalah menyampaikan uneg uneg saya…

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat tersadar oleh kelakuan seorang operator. Disebuah event konser band kelas wahid, menggunakan jasa rental kami untuk memewahkan acara tersebut. …. Saya seorang kulilampu, yang dimana hanya patuh kepada atasan untuk mengeset peralatannya. Lumayan mewah juga….Namun yang menjadi perhatian saya, pada waktu hari H yang sangat mengecewakan pribadi saya (entah kru yang lain).

Jam menunjukkan pukul 8…dan acara tlah dimulai….band pembuka sudah siap siaga dipanggung…dan mulailah menyanyikan lagu yang berbeat tegas..(kayak lagu tentara)…lumayan juga band ini…band pembuka bukan sembarang band ecek2.

Namun saya tersontak kaget (kayak melihat poconk)…Gila nih operator basic lamp nya (operator PAR)…meriah banget…..semua warna par silih berganti bermain dengan girangnya diatas panggung….Namun ane sempat shock berat (hampir pingsan), melihat lampu ACLnya keluar di Band pembuka sering kali…..hebattttt bener…..(pikir ane).. ntar pas band utama, jurus ampuhnya apa ya???..semua jurus lampu dah dikeluarin..apa nanti mainnya cuma moving light aja ya??…hemmmm

saya sempat bertanya tanya dalam hati lama sekali….

Dan ternyata..eh ternyata……Band pembuka dan habis waktunya…Band Utama muncul……namun apa daya….jurus utamanya telah habis sewaktu band pembuka……Band Utama telah kehabisan jurus….dah loyo…hemmm…

Hal tersebut diatas,  mengingatkan kita akan jurus2 lampu di panggung sewaktu bermain lampu. Menurut saya, ya berikan sewajarnya aja untuk band pemmbuka…berikan permainan lampu yang cantik untuk band pembukanya. Hal tersebut menurut saya bukan hal yang sepele; bukan tergantung mood operator, namun berdasar tanggung jawab seorang operator lampu untuk menganggkat suasana di sebuah acara. Jangan tergantung dengan EO, karena banyak sekali EO2 lokal yang masih guoblok dibidang ini…(maaf ya mas EO)

Membangun suasana dalam konser musik….maupun di wedding…sangatlah penting sekali. Bilamana ada waktu sedikit mungkin…mintalah pertimbangan dan ajukan ide2 ada ke EO..karena merekalah yang menyewa kita…

untuk istilah beken diatas, mungkin bisa saya jabarkan “save the best for the last” . (dalam bahasa Indonesianya, kurang lebih bisa diartikan ” simpan programan lampu anda yang terbaik, untuk acara utamanya”; betul ndak ya??)

Buat penonton semakin terpukau, bukan hanya karena acara utamanya mulai, tapi juga karena dukungan dramatis dari permainan lampu anda.Buat penonton takjub…bukan karena banyaknya lighting yang anda pasang di panggung, namun karena permainan anda mampu mendukung total acara. Mungkin dibawah ini ada beberapa trik dalam bermain lampu di panggung konser musik:

-kuasai lay out panggung dan space yang tersedia untuk para performer (pegang rundownya dan urutan lagu yang akan dinyanyikan). Kalopun bisa, coba dengarkan lagu2 mereka sewaktu sound chek). karena hal ini berkaitan erat saat anda bermain dengan lampu.

-berikan permainan lighting seadanya sewaktu band pembuka. dan mainkan moving light seadanya. Mungkin garis kasarnya, kasih permainan yang monoton. (maaf ya, buat band pembuka)

Mungkin segitu dulu, uneg uneg saya, dan tlah saya uraikan diatas. Kejadian diatas, tidak bisa kita pungkiri kerap terjadi, namun tanpa kita sadari… Mungkin untuk mengasah mood kita…sering seringlah melihat konser2 band ternama (bukan melihat banyaknya lampu), namun lihatlah kepiawaian sang opertor membangun suasana untuk penontonnya. ….


Aksi

Information

7 responses

27 07 2011
Nuryadin Fajar

tolong infonya dong, tempat buat belajar lampu panggung d jakarta… thx

26 08 2011
kulilampu

Hemm..belajar tata panggung?? kayaknya kalo dijakarta ya di IKJ……(Institut Kesenian Jakarta). Kalo pengen yang murah ya..ikut jadi kuli lampu di rental2 lampu di Jakarta…kayaknya banyak tuh yang terima lowongan kuli…hihihihi

17 10 2012
Harry Pur

bener uraian anda mas kuli..sama yang sering saya temui kyk gitu..(salam dari malang)

7 11 2012
kulilampu

sama sama om..salam kenal juga dai Solo….

26 11 2012
aming

wah di solo ya om, saya di semarang. boleh maen ke solo minta ajar dong???

22 09 2015
Yupra

banyak operator lighting panggung (terutama acara2 musik)di indonesia yang ga punya sense of musik (beat / ketukan) . lagu tempo pelan dihajar pindah warna yang cepat. giliran lagu beat cepat, pindah warnanya atau chase moving light nya lambat …
itu ajah… suwun..

5 07 2016
kulilampu

Terimakasih mas Yupra,atas prrhatianya🙂

Tinggalkan Balasan

